PENTINGNYA KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI


Pernahkan kita pergi ke pasar untuk berbelanja? Coba bayangkan kita membawa beberapa uang namun tidak dapat berhitung. Atau bisa jadi Ketika kita menjadi wirausaha namun sayangnya tidak mengerti bagaimana menghitung dan mengelola keuangan dengan baik. Di lain waktu, Ketika kita melihat berita di stasiun TV, ada seorang Bupati berpidato dan menyebut tentang angka-angka yang bermacam-macam dan grafik yang disajikan dengan menarik namun sayangnya kita tidak mengerti bagaimana membaca dan memaknainya.

Contoh-contoh di atas adalah hal-hal kecil tentang literasi numerasi dalam kehidupan sehari-hari yang kita abaikan. Padahal apabila kita dapat mampu memaknai tentunya sangat membantu dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, tempat kerja, maupun masyarakat. Menurut Mendikbud Bapak Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya saat kunjungan di Sorong bahwa SMK perlu mendorong siswanya untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi. Kemampuan berbicara yang lugas, kemampuan memecahkan masalah, dan kecakapan numerasi sangat penting dimiliki lulusan SMK jika ingin terserap di dunia kerja.

Apa itu literasi numerasi?

Literasi secara umum bukan hanya sekedar mampu  membaca saja, tetapi kemampuan menganalisis bacaan yang mencangkup tulisan, simbol, angka, serta grafik dan memahami konsep dibalik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi tidaklah sekedar memahami kompetensi matematika. Pengetahuan matematika saja tidak cukup membuat seseorang memiliki kemampuan numerasi. Numerasi mencangkup kemampuan menerapkan konsep numerik dan matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dikatakan bahwa literasi numerasi merupakan kecakapan : Menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Mengapa Penting?

Dengan memiliki kemampuan literasi numerasi siswa akan lebih bisa mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan di masyarakat dan dunia kerja. Dengan kemampuan literasi numerasi yang baik siswa akan lebih siap menghadapi perkembangan zaman di abad 21 yang relative cepat dan dinamis. Selain itu, siswa akan dapat berpikir secara rasional, sistematis dan kritis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Siswa juga dapat dengan cermat mengambil keputusan dalam berbagai konteks. Pada siswa jenjang SMK, tentunya kemampuan literasi numerasi dapat menjadi bekal untuk mereka Ketika lulus dalam menghadapi kehidupan masyarakan dan dunia kerja. Dengan harapan bahwa siswa SMK yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik, cepat terserap di dunia kerja dan dunia industri sehingga angka pengangguran di Indonesia semakin berkurang.

Sumber referensi: https://www.eliterasi.com/2018/10/pengertian-literasi-numerasi.html

Dwi Anggah Pawestri, S. Pd (Guru SMK Negeri 1 Alian)

Copyright © 2021 - 2024 SMKN 1 ALIAN